Recent Posts

Power Supply Unit (PSU)

Sang penulis lagi kepingin menulis Artikel tentang Power Supply Unit atau biasa di singkat dengan PSU. PSU ini adalah sebuah komponen pendukung bagi sebuah Komputer karena apabila tidak ada Power Supply ini tidak akan bisa hidup komputernya walaupun anda berusaha untuk menghidupkannya, 100 tahun pun anda berusaha tidak akan bisa hidup, di jamin , saya akan memberi tahu atau membagi ilmu kepada anda semua yang baca artikel ini, apa itu Power Supply. Power Supply ini sebuah komponen yang sangat mendukung komputer atau PC untuk hidup, di karenakan PSU ini adalah sumber arus listrik yang mampu menghidupkan sebuah komputer, Seperti yang kita tahu, bahwa listrik datang dari tenaga utama yaitu AC tegangan tinggi, bergerak dari satu arah ke arah yang lain, namun komponen PC halnya motherboard, processor, memory dll hanya menggunakan tegangan rendah berupa arus DC (direct current) yang hanya bergerak dari satu arah doanks brader, fungsi dari PSU ini adalah untuk merubah arus AC 240v 50hz atau 120v 60 hz ke arus DC yang STABIL.

Dimana transformer ini merubah arus 240v/120v ke arus AC yang lebih rendah seperti arus AC 12 v, transformer mengandalakan pada pergerakan medan magnetik untuk melakukan ini jadi mereka HANYA bisa bekerja pada arus AC. Setelah kita sudah mendapatkan arus AC yang rendah, kita coba untuk merubahnya menjadi arus DC. Cara yang paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan dioda yang notabene adalah gerbang satu arah untuk arus listrik. listrik dapat melewati dioda pada satu arah tapi memblokir arah sebaliknya, dengan cara ini kita akan mendapatkan arus listrik searah, tapi bro, dengan cara ini bro cuman dapat setengah AC waveform, makanya kita bilang ini adalah half-wave retification. Terus yang kamu butuhkan adalah menambah dioda ke dua untuk mengarahkan ke arah yang lain, tapi tetap menggunakan DC line yang sama, hal ini di lakukan untuk mengakali setengah waveform hasil sisa dari filter dioda yang pertama, dengan melakukan ini bro kamu sdh dapat full waveform, praktisnya biasanya di gunakan 4 dioda yang biasa di gunakan, 2 untuk setengah arus positif AC cycle dan arus setengah arus negatif AC cycle.

Setelah kita sudah mendapatkan arus DC yang kita inginkan, tapi jika bro liat pada oscilloscope anda bisa liat klo di sana klo yang kita dapat adalah sekumpulan arus yang masih kasar, sedangkan PC butuh arus yang lebih halus dan stabil, berupa garis lurus pada oscilloscope bukan kumpulan arus.  kapasitor pada PSU akan mengisi dan mengeluarkan arus serentak untuk menghaluskan arus DC, tugas nya adalh sebagai bak yang mengisi pada saat arus memuncak dan melepaskan dengan lebih stabil. yang menhasilkan arus DC yang yang bisa di gunakan pada alat arus DC kebanyakan. Namun output dari kapasitor masih belum semulus yang kita harapkan, tidak cukup mulus untuk memuaskan gairah dari komponen PC yang sensitive, jadi klo anda liat di oscilloscope, anda bisa liat kalo masih ada tali kusut di sana, karena kapasitor tidak dapat memuluskan arus sepenuhnya. Secara ringkasnya  jika anda pasang dioda ini pada alur positif dan negaif pada output kapasitor pada arus baliknya, volt pada zener akan tetap stabil, tidak peduli berapa besar output. jadi sebetulnya arus yang di sedot adalah arus dari dioda zener, secara teori hal ini bisa memberi bro arus yang stabil, constant untuk PC. Saya tidak akan membahas teori secara berlebihan, Karena akan terlalu membosankan, tujuan saya posting artikel ini adalah untuk menekankan betapa pentingnya fungsi PSU pada PC. PSU bukan hanya untuk PC agar nyala aja, Tapi adalah jantung yang memompa darah ke seluruh organ di PC, maaf kalo artikel ini sedikit membosankan .
TOSS BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar